top of page

Tanda Pertama Infeksi Saluran Kemih


Tanda Pertama Infeksi Saluran Kemih - Infeksi saluran kemih, atau ISK, dapat terjadi di manapun dalam sistem saluran kemih: di uretra - saluran yang mengarah dari kandung kemih ke luar - kandung kemih, tabung yang mengarah dari kandung kemih ke ginjal dan ginjal. Menurut Pusat Informasi Ginjal Nasional dan Informasi Penyakit Urologi, ISK adalah infeksi kedua yang paling umum terjadi di tubuh yang menghasilkan lebih dari 8,3 juta kunjungan dokter setahun. Penyebab paling umum dari infeksi akibat Escherichia coli, biasa disebut E.coli, bakteri dari usus besar yang masuk ke saluran kemih. Apalagi wanita lebih rentan terhadap ISK dibandingkan pria karena wanita memiliki uretra lebih pendek yang juga terletak dekat dengan rektum.

Gejala Umum

Menurut Mayo Clinic, gejala infeksi saluran kencing bisa bergantung pada daerah yang terkena sistem kemih. Namun, gejala umum awal dapat terjadi pada semua jenis ISK. Ini termasuk sering mengalami dorongan kuat untuk buang air kecil, tapi buang air kecil dalam jumlah sedikit, membiarkan sensasi pengosongan kandung kemih yang tidak lengkap. Tanda pertama lainnya terbakar saat buang air kecil, yang merupakan gejala uretritis, kata Mayo Clinic. Urin bisa berubah mendung, gelap dan terkonsentrasi dan membawa bau busuk berbau busuk. Informasi Ginjal dan Informasi Penyakit Urologi Nasional Clearinghouse menambahkan bahwa urin mungkin terlihat susu atau memiliki semburat kemerahan jika ada darah. baca juga Manfaat QnC Jelly Gamat untuk mengatasi infeksi saluran kemih.

Gejala sistitis

Mayo Clinic menyatakan bahwa tidak semua orang akan mengenali tanda-tanda ISI yang jelas, karena infeksi berkembang dengan cepat. Uretritis dapat menyebabkan sistitis ketika agen infektif mencapai kandung kemih. Selain gejala umum, seperti sering buang air kecil dan terbakar, tanda lain bisa termasuk ketidaknyamanan perut bagian bawah atau merasakan tekanan yang meningkat di daerah panggul. Rasa sakit juga bisa berawal dari kejang kandung kemih. Selain itu, menurut NKUDIC, sistitis biasanya tidak menyebabkan demam, sementara Mayo Clinic menyatakan bahwa demam ringan dapat terjadi. baca juga: Cara mengobati infeksi saluran kemih

Gejala Pyelonefritis Akut

Bila infeksi saluran kencing terjadi di ginjal, suatu kondisi disebut hasil pielonefritis akut. Konsekuensi lebih serius dalam situasi ini dan karena infeksi menyebar dengan cepat, gejala pielonefritis kadang kala menjadi tanda pertama yang dapat dikenali. Demam tinggi disertai gemetar atau menggigil terjadi saat ginjal terkena. Demam mungkin disertai mual, muntah dan mualise umum. Infeksi juga dapat menyebabkan nyeri di punggung atas dan sisi tubuh, menurut Mayo Clinic, bersama dengan semua gejala umum lainnya.

bottom of page